Berbagi Sebening Hati

Friday, 3 June 2016

Termasuk Kelompok Mana Bentuk Wajah Anda: Teroris, Fedofil, atau Koruptor?



Bisakah Anda menentukan seseorang sebagai penjahat seperti teroris, pedofil, atau koruptor dari tengah kerumunan orang? Di situs resmi perusahaan teknologi Israel, Faception,  mengatakan bentuk wajah dapat digunakan untuk memprediksi kepribadian dan perilaku seseorang.

Klaim ini didasari pada kombinasi dari dua hal berikut:
1. Dipengaruhi oleh gen.
Gen dikatakan memainkan peran lebih besar dalam menentukan ciri-ciri kepribadian seseorang seperti keterampilan dan kemampuan sosial ketimbang cara dia dibesarkan oleh orang tua, peneliti mengklaim.

Para peneliti dari Universitas Edinburgh mempelajari lebih dari 800 pasangan kembar identik dan non-identik untuk mengetahui apakah gen memiliki efek lebih besar membuat orang-orang sukses dalam hidup. Ditulis dalam Journal of Personality, para peneliti menemukan bahwa kembar identik dua kali lebih mungkin memiliki ciri-ciri kepribadian yang sama dari pada kembar non-identik. Itu menunjukkan bahwa karakter manusia sangat ditentukan oleh DNA.

2. Wajah adalah refleksi dari DNA kita.
Para peneliti telah mengidentifikasi lima gen yang membentuk wajah seseorang. Para peneliti sebelumnya menyadari bahwa genetika memainkan peran besar dalam menentukan bentuk wajah, setelah menemukan kembar identik berbagi DNA. Namun, hanya sedikit yang diketahui tentang kira-kira gen mana yang terlibat. Tiga gen dianggap memiliki peran dalam susunan fitur wajah, dan penelitian terbaru menegaskan keterlibatan gen-gen tersebut.

Dari percobaan yang dilakukan terhadap tikus, para peneliti mengidentifikasi ribuan daerah kecil DNA yang mempengaruhi perkembangan fitur wajah. Para peneliti mengatakan bahwa meskipun uji coba dilakukan pada hewan, wajah manusia adalah mungkin berkembang dengan cara yang sama. Bahkan, temuan diklaim sudah sangat mungkin menghasilkan beberapa kesimpulan tentang penampilan tersangka kejahatan dari DNA mereka sendiri.

Atas dua prinsip itulah Faception mengklaim dapat mengidentifikasi teroris hanya dengan mengidentifikasi wajah. Perusahaan sebagaimana dilansir dari laman Mirror, 25 Mei 2016, menggunakan 15 klasifikasi untuk menganalisis rincian wajah yang tidak dapat terdeteksi dengan mata telanjang, bahkan dengan tingkat akurasi 80 persen.

"Kami memahami manusia jauh lebih baik daripada manusia saling memahami," kata kepala eksekutif Faception Shai Gilboa. "Kepribadian kita ditentukan oleh DNA dan tercermin di wajah kita. Ini semacam sinyal."

Faception mengatakan teknologi tersebut telah sukses mengidentifikasi sembilan dari 11 tersangka teror Paris, tanpa diberi informasi apapun tentang keterlibatan mereka.

Teknologi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengidentifikasi teroris tetapi juga pedofil, jenius, penjudi (pemain poker) dan penjahat kerah putih.

Berikut adalah 8 dari 15 klasifikasi yang ditetapkan Faception untuk menentukan karakter seseorang:

Orang berkualitas unggul
Diberkahi dengan keterampilan penalaran, seperti logika, keterampilan spasial. Orang-orang ini bisa menghasilkan sesuatu sendiri, pemikir bebas dan pengusaha. Sangat berbakat, cenderung berorientasi kurang sosial, memegang teguh nilai kebenaran, dan berorientasi pada fakta dan logika lebih dari hubungan emosional. Mereka juga kreatif dan berpikiran independen, dengan kemampuan konsentrasi yang luar biasa, memiliki intelektualitas tinggi dan kapasitas mental yang memadai

Peneliti akademik
Diberkahi dengan pemikiran runut, kemampuan analisis yang tinggi, banyak ide, pemikiran yang mendalam dan serius. Kreatif, dengan kemampuan konsentrasi tinggi, kapasitas mental kuat, dansangat bergantung pada data dan informasi.

Pemain Poker Profesional
Diberkahi dengan kemampuan konsentrasi yang tinggi, ketekunan dan kesabaran. Berorientasi pada tujuan, analitis, dengan rasa humor yang kering. Diam, tanpa emosi dan ekspresi emosional. Berpikiran tajam, dengan persepsi kritis yang tinggi.

Pemain Bingo
Diberkahi dengan mental yang sangat kuat, konsentrasi tinggi, berjiwa petualang, dan kemampuan analisis yang kuat. Cenderung kreatif, dengan orisinalitas tinggi dan imajinasi, dan memiliki indera yang tajam.

Promotor Merek
Diberkahi dengan kepercayaan diri tinggi, kepribadian yang berwibawa, karismatik dan magnetik. Memiliki kecerdasan an kemampuan verbal yang tinggi. Cenderung untuk bersikap baik, ramah, langsung dan sangat praktis.

Penjahat Kerah Putih (antara lain koruptor, penggemplang pajak)
Cenderung memiliki harga diri yang rendah, IQ yang tinggi dan karisma. Sering cemas, tegang dan frustrasi, namun kompetitif, ambisius dan dominan. Biasanya suka mengambil risiko dan memiliki rasa humor yang kering.

Teroris
Cenderung agresif, aktif, mencari sensasi, kejam dan keadaan psikologis yang tidak seimbang. Biasanya menderita perubahan suasana hati, rasa rendah diri dan tidak tenang.

Pedofil
Menderita tingkat tinggi kecemasan dan depresi. Introvert, tidak memiliki emosi, sangat berhitung, cenderung pesimis, rendah diri, dan suasana hati yang terus berubah-ubah.

Sumber: Tempo.co
Share: