Berbagi Sebening Hati

Saturday, 4 June 2016

Seputar nge-Blog: Apa sih Ngeblog Itu?


Di antara kita mungkin masih ada yang belum tahu tentang nge-Blog. Bahkan andaikata sudah mengetahuinya, terkadang masih memiliki persepsi yang keliru. Seperti misalnya seorang yang aktif memposting tulisannya pada blog keroyokan semacam Kompasiana, atawa Indonesiana, dia melihat kalau ngeblog itu hanyalah menyajikan reportase berita saja, dan menganggap postingan yang tidak bersifat reportase bukanlah gawenya seorang Blogger. Hadeuh!

Nah, untuk itu ada baiknya kita simak yang diuraikan rekan Blogger kuncunk, yang mengatakan:

Pada dasarnya dalam menyampaikan unek - unek ataupun yang dalam pikiran kita tidak harus berbicara langsung ataupun curhat empat mata dengan seseorang. Di zaman sekarang ini banyak cara yang bisa di lakukan. Bisa lewat puisi, ataupun karya tulis yang biasa kita temukan di sebuah blog. Dan cara penyampaian nya pun berbeda beda, ada yang lewat sebuah cerita atau banyak cara yang bisa kita lakukan dan tidak langsung ke pokok permasalahan yang akan kita utarakan.
Blog itu apa sih?
Seperti yang saya sebutkan di atas, dalam menyampaikan unek unek kita bisa lewat blog. Nah sekarang yang akan saya bahas disini adalah pengertian dari sebuah blog. Saya sempat mencari cari di rumahnya mamang google arti sebuah blog dan saya menemukannya di Wikipedia, blog itu singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan tulisan ini seri di muat dalam urut terbalik (isi terlebih dahulu baru kemudian di ikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Berdasarkan arti blog yang saya dapat tersebut, saya sendiri dapat menyimpulkannya bahwa ngeblog itu ya harus menulis mengenai apa saja yang ada di otak kita. Namun belakangan ini saya banyak menemukan berbagai macam blog yang hanya membagikan sebuah berkas dengan rincian berkasnya saja tanpa adanya sepenggal kalimat yang di utarakan oleh admin blog tersebut. Penomena tersebut tidak hanya terjadi di MyWapBlog saja melainkan di platform blog lainnya juga banyak yang seperti itu

Sedangkan Blogger Sugeng Riyadi mengatakan:

Jika sobat bener-bener baru dalam dunia blog, maka kemungkinan sobat masih belum begitu paham apa itu blog.

Di internet sebenernya sudah banyak artikel-artikel yang membahas apa itu blog, tapi di sini saya akan memberikan penjelasan gampangnya saja.
Blog adalah satu dari sekian banyak jenis website yang ada di internet.
Contoh jenis website yang ada di internet adalah:
  • Portal berita (contohnya: detik.com, kompas.com, dll.)
  • Social Networking (contohnya: facebook.com. twitter.com, dll.)
  • Search Engine (contohnya: google.com, yahoo.com, dll.)
  • Forum (contohnya: kaskus.co.id, ads.id, dll.)
  • Toko Online (contohnya: bhinneka.com, lazada.co.id, dll.)
  • BLOG (contohnya: SUGENG.ID, SUGENG.ID, SUGENG.ID, DLL.)
  • DLL.
Terus apa bedanya blog dengan jenis website yang lain?
Jawabannya: BEDANYA BANYAK…
Satu hal yang paling membedakan antara blog dengan jenis website yang lain adalah fungsi dari blog itu sendiri.
Fungsi utama dari blog pada awalnya adalah untuk memudahkan orang menulis catatan pribadi di internet.
Tapi saat ini blog sudah memiliki banyak fungsi. Mulai dari sebagai tempat catatan pribadi, tempat berbagi opini dan informasi, untuk keperluan politik, sampai untuk keperluan bisnis.
Share: