Berbagi Sebening Hati

Wednesday, 20 April 2016

Nasihat Untuk Calon Penulis Dari Penulis Terkenal



Stephen King
Siapa sih yang gak kenal orang ini? Kejeniusannya menciptakan misteri dan dunia cerita yang paralel dalam buku-bukunya banyak bikin pembaca geregetan dan selalu mencari koneksi antara satu buku dengan lainnya.
Menurut Stephen King, untuk memulai menulis caranya mudah.  Banyak Membaca. Yep. Menurutnya, ketika kamu banyak membaca, kamu akan menemukan magic moment, yaitu ketika kamu berpikir “duh… begini doang ceritanya?! Gue juga bisa!”. Hehe…  

George RR Martin
Sama seperti Stephen King, menurut George RR Martin yang dibutuhkan seseorang untuk bisa jadi penulis adalah MEMBACA. Kemudian, mulailah MENULIS.
Menurut George, sebagai penulis, kamu harus banyak membaca banyak hal. Mulai dari novel, komik,  majalah, dan lainnya. Dan, gak Cuma genre yang kamu suka, atau dari buku yang bagus doang.  menurut George, bahkan buku atau cerita yang buruk, bisa kok bikin kamu belajar.
George RR Martin, yang terkenal dengan buku serial Game of Thrones ini juga menekankan pentingnya disipilin dalam menulis. Setiap hari, usahakan kamu menulis satu sampai dua halaman. Dan teruskan hingga tulisan kamu selesai.

John Grisham
Kalo  selama ini kamu mengeluh karena gak sempat menulis karena pekerjaan kantor, guys.. . kamu harus banget dengar pengalaman John Grisham.
John tidak langsung menentukan karirnya sebagai penulis. Ia memulai karir sebagai pengacara. Dan ternyata, pengalamannya menjadi pengacara ini memberikan pengetahuan yang sangat berharga untuk tulisannya.
Ketika John mulai menulis, dia masih bekerja full timesebagai pengacara. Tapi, karena  ketertarikannya yang besar untuk menulis cerita, John mengatur waktunya setiap hari supaya dia bisa menyelesaikan tulisannya. Disipilin mengatur waktu menulis dan komitmen.  Itu kuncinya. Setiap hari, John memaksa dirinya untuk bisa menyelesaikan satu atau dua halaman. Pengalamannya sebagai pengacara juga memberikan pengaruh dan kedalaman dalam cerita-cerita yang diangkat John Grisham. Kedalaman karena pengetahuan yang baik tentang dunia hukum dan kriminal, menjadikan cerita-cerita John Grisham sebagai benchmark bagi cerita hukum dan kriminal. Sekarang, ketika kita mau membaca cerita thriller hukum dan kriminal,  nama John Grisham lah yang akan muncul dalam pikiran kita. Cool!

James Patterson
Kalo tiba-tiba kamu buntu ide ketika mulai menulis, mungkin kamu bisa belajar dari James Patterson yang pake metode kayak gini:
                 “I’m always pretending that I’m sitting across from somebody. I’m telling them a story, and I don’t want them to get up until it’s finished.”
Simple. Dan kayaknya asik buat dicobain ;)

Haruki Murakami
Kamu gak kunjung berhasil menyelesaikan novel? Nah. Mungkin kamu bisa belajar dari Haruki Murakami. Murakami menganalogikan proses menulis novel seperti lari marathon. Menurutnya, mengandalkan bakat, tidak cukup bagi seseorang untuk mempu memulai dan menyelesaikan tulisan panjang seperti novel. Menulis novel, menurut Murakami diperlukan fokus dan ketahanan. 
Dua dispilin ini, Fokus dan ketahanan gak datang begitu aja, guys. Seperti halnya lari marathon, diperlukan latihan dan komitmen supaya kamu bisa mencapai garis finish. Latih fokus dan ketahanan menulis kamu secara rutin, dan perlahan tingkatkan target menulis kamu.
Selamat mencoba!

Sumber:

https://web.facebook.com/maria.g.soemitro/notes
Share:

Blog Archive